Upgrading Briket Arang Batok Kelapa Untuk Ekspor

Dalam beberapa kali krisis yang menghantam negeri ini, permintaan pasar dunia terus meningkat kencang. Briket arang batok kelapa dapat menghasilkan panas yang lebih besar dibandingkan dengan briket batu bara, selain juga dinilai lebih aman, ramah lingkungan, dan tidak menimbulkan asap. Menurut Agus, briket arang tempurung kelapa atau choconut charcoal merupakan produk olahan dari pohon kelapa. Potensi ekspor ini dikembangkan sehingga dapat meningkatkan nilai dari tempurung kelapa. “Jadi kalau tidak intervensi hingga 2032, semua arang kelapa akan diekspor,” kata Yogi di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (30/7).

Mereka yang mengolah, menyortir, mengemas, menjamin mutu dan konsistensi. Untuk memberi nilai tambah, butuh kerja sama sektor pertanian, industri, dan perdagangan. Bisnis ini tidak ada yang mengatur harga seperti minyak kelapa di bursa Roterdam, sehingga produsen bebas menentukan harga sendiri. Secara umum perdagangan kelapa dunia tahun 2020 akan turun tetapi tidak besar dan tidak untuk seluruh produk. Ketika negara lain kesulitan memenuhi permintaan, ini jadi kesempatan untuk Indonesia menggantikan. Dalam jangka panjang prospeknya positif meskipun banyak tantangan yang harus diatasi.

Sejauh ini quantity ekspor mencapai 500 ton/bulan dan akan ditingkatkan menjadi 1.000 ton/ bulan”, katanya. Salah satu pelaku usaha atau industri pengolahan coconut charcoal, PT. Tom Cococha Indonesia yang berlokasi di Tujurhalang, Bogor, pada bulan Maret hingga April 2020 tetap berproduksi untuk memenuhi permintaan pasar Eropa dan Timur Tengah. Produk arang kelapa Indonesia yang paling banyak diekspor ke negara China, Irak, Saudi Arabia, Srilangka, Malaysia, Lebanon dan German sedangkan produk serabut kelapa Indonesia diekspor ke negara China sebesar 31,5 ribu ton atau senilai USD 8,eighty five juta. Saat awal produksi itu dia dalam satu hari bisa memproduksi seven-hundred kilo briket arang.

EKspor arang kelapa

Meski terbilang sederhana, namun ia menyebut harga arang batok kelapa terbilang menjanjikan untuk pangsa pasar ekspor dengan rata-rata per ton arang kelapa dengan tiga grade dihargai Rp7,5 juta atau senilai Rp112,5 juta sekali pengiriman, dengan bobot mencapai 15 ton. Terakhir pada 2013, Ngatiran membuat arang batok kelapa dengan bobot 10 ton, yang sekaligus mulai surutnya permintaan ekspor arang batok kelapa yang ditekuninya. Usaha pengolahan limbah batok kelapa ditekuninya sejak 1997, dan bersama salah satu kerabatnya di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, ia menekuni pemanfaatan limbah batok kelapa yang telah menjadi arang untuk dijual ke luar negeri.

Sementara itu, Indonesia mengekspor produk kopra yang diolah dengan nilai 368 juta USD . Indonesia hanya kalah dari Filipina untuk ekspor dua produk kopra ini. Tujuan terbesar ekspor Indonesia untuk produk kopra ini adalah Belanda dan Malaysia untuk produk kopra mentah, serta Amerika Serikat dan China untuk produk kopra olahan. Dengan nilai jual ekspor yang cukup tinggi, kopra atau minyak kelapa menjadi salah satu produk yang berpotensi untuk diekspor.

Rapat yang dipandu Devi Pinontoan sebagai MC itu terungkap, ekspor arang tampurung sudah menjelajah ke sejumlah negera, termasuk Turki. Mengenai pemasaran, pihaknya mengakui tidak terlalu mengalami kesulitan karena kualitas briket arang kelapa Indonesia masih yang terbaik. Tetapi jika kondisi tersebut di atas terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan pembeli akan mengalihkan permintaan ke negara produsen lain.

Hal tersebut berdasarkan pengakuan langsung dari pihak pengusaha briket arang batok kelapa Jateng saat bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis, 12 November 2020. CEO perusahaan Kaya Sinerji, Tufan Algivari mengungkapkan Turki merupakan pasar potensial bagi produk briket arang kelapa Indonesia yang dikenal memiliki kualitas terbaik di dunia. Misalnya, VCO, Carbon Active, Dessicated Coconut, Coconut Chip, Coconut Water, Nata Decoco, Coco Peat dan sebagainya baik dalam skema B2B atau B2C. CEO perusahaan Kaya Sinerji, Tufan Algivari mengungkapkan bahwa Turki merupakan pasar potensial bagi produk briket arang kelapa Indonesia yang dikenal memiliki kualitas terbaik di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *