Cara Promosi Di Whatsapp Dengan Whatsapp Advertising

Ini sangat perfect dan lebih mudah untuk mengembangkan usaha menjadi besar dan sukses. Semua itu akhirnya digemari oleh masyarakat dan terus mendapat permintaan. Lalu, bagaimana cara jitu melakukan strategi advertising atau pemasaran untuk bisnis kuliner Anda? Makanan siap saji merupakan salah satu usaha bermodal kecil yang sangat menguntungkan dalam industri ini. Selain karena menjual makanan dengan cepat, konsumen juga dapat memilih untuk membawa pulang atau memakan pesanannya di tempat yang sudah disediakan.

Jika mau menaikkan omzet, pengusaha harus lebih ekspansif dan menyasar pertumbuhan anorganik. Sebagai pebisnis yang profesional, Anda harus mempelajari setiap kompetitor dengan baik. Ketahui produk yang dijual, strategi yang digunakan, dan kelebihan yang dimiliki oleh produknya.

Untuk usaha mikro, riset pasar ini sering diabaikan bukan hanya karena memerlukan waktu, tetapi melakukan survei atau kuesioner terkadang mengeluarkan biaya. Memiliki modal dengkul dalam berbisnis, riset pasar apakah yang dapat dilakukan? Cireng atau Aci digoreng merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat kita. Ini tentu menjadi peluang usaha makanan yang dapat kamu kembangkan. Walaupun bukan makanan pokok, martabak sering dijadikan sebagai jajanan atau buah tangan.

Karena alasan itu pulalah bisnis kuliner ini ramai dijajakan di kawasan pekerja yang mendambakan kuliner yang mudah disantap. Oke, mari kita pahami kasus yang banyak terjadi terlebih dahulu. Kebanyakan pelanggan yang saat ini lebih memilih e-money atau pembayaran on-line, mereka pastilah memilih membeli makanan di tempat-tempat yang sudah memiliki aplikasi kasir atau mesin kasir.

Meskipun diawali dengan jumlah modal yang kecil, tetapi Anda tetap harus menjalankan bisnis dengan lebih terorganisir. Bisnis kuliner adalah bisnis yang sangat mudah, bahkan bisa dikatakan menjadi bisnis yang bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan yang belum bisa memasak sekalipun. Tak hanya membuka usaha sendiri, anda juga bisa bekerjasama dengan merk dagang untuk menjual kembali produk tersebut, dan biasa dikenal dengan nama franchise. Semisal upaya advertising ini dirasa terlalu merepotkan, Anda selalu punya opsi untuk outsourcing. Artinya, Anda bisa bayar pihak ketiga untuk mengurus akun sosmed bisnis kuliner yang Anda punyai.

Sebab, konsumen saat ini cenderung untuk membeli barang-barang yang paling penting. “Sekarang orang jadi hobi masak, mungkin untuk pesan makanan jadi kurang memuaskan. Banyak merchant F&B yang jualan paket yang tinggal dimasak sendiri, atau bahan bakunya,” kata Hutami. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisnis tetap bertahan dan tidak terpuruk selama pandemi Corona seperti diwartakan laman Antara News.

Menjadikan binsis makanan sebagai usaha  baru

Mereka biasanya akan cenderung terburu-buru membuka cabang atau bisnis baru. Akibatnya, pengembangan bisnis utama tidak lagi menjadi titik fokus sehingga membuat performa bisnis menurun karena perhatian yang terpecah. Sebab keuntungan dari hasil usaha justru lebih banyak dihabiskan untuk urusan pribadi ketimbang pengembangan usaha. Namun jika Anda tetap fokus dan berupaya untuk mengelola usaha Anda dengan baik, saya yakin Anda pasti bisa melewati masa-masa sulit tersebut dan usaha Anda akan terus berkembang. Untuk itu, selalu tingkatkan kualitas SDM terhadap para karyawan dan pramusaji.

Bisnis jasa kecantikan seperti salon pun bisa menyiasati strategi ini dengan mengubah fokus dari jasa menjadi ritel produk kecantikan. Hutami menyarankan, produk yang biasa dipakai untuk pelanggan bisa dikemas dan dijual lewat platform digital. Memberikan promo dapat menjadi salah satu cara untuk tetap menarik pelanggan. Meskipun cara ini terkesan membakar uang, namun efektif agar usaha tetap berjalan. Misalnya saja cukup berikan harga diskon untuk 25 pembeli pertama. Anda bisa mencoba memasarkan produk makanan kering kemasan, atau melayani jasa paket catering untuk pernikahan atau paket snack dan makanan kotak untuk event acara tertentu.

Adanya standing badan hukum untuk bisnis kuliner menjadikan adanya tanggung jawab yang terpisah antara anda sebagai pemilik dengan PT sebagai entitas bisnis. Sehingga, jika bisnis mengalami kerugian, maka anda selaku pemilik bisnis hanya bertanggung jawab sebesar kontribusi saham di PT tersebut. Keuntungan mendirikan PT adalah kalau rugi maka tidak sampai merembet ke harta pribadi pemegang sahamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.