Mata Pencaharian Penduduk Brunei Darussalam, Salah Satu Negara Asean

Demikian pun selama four,5 tahun pemerintahan Jokowi-JK, inflasi bahan pangan dulu 2013 terburuk di dunia. Namun demikian, setelah berjalan four tahun, Indonesia mampu menekan inflasi dari 10,57 persen di tahun 2014 menjadi 1,26 persen di tahun 2017. Hasil pertanian Vietnam terdiri dari komoditas beras, karet, buah-buahan, jagung, gula, dan tebu. Sebagai negara agraris, agrobisnis, dan agroindustri memiliki peran yang sangat very important dalam mendukung pembangunan sektor lainnya.

Menjadikan ekspor sebagai mata pencharian

Peluang investasi banyak terdapat pada bidang jasa dan manufaktur termasuk antara lain, produk logam dasar, listrik dan elektronik, teknik, mesin & peralatan, produk karet, peralatan medis, dan petrokimia & polimer. Diantara berbagai jenis tanaman palawija yang diusahakan, hanya ubi kayu dan kacang kedelai yang memiliki rasio laju pertumbuhan produksi rata-rata berbanding laju pertumbuhan luas panen rata-rata di atas angka 1 (masing-masing 1,forty one dan 6,75). Alih fungsi lahan pertanian merupakan salah satu permasalahan yang sedang dihadapi dalam bidang pertanian di Indonesia. Satu hal yang mungkin tidak menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan alih fungsi lahan adalah dampak yang ditimbulkan dari alih fungsi lahan tersebut. Penurunan produksi pangan yang diakibatkan oleh alih fungsi lahan lebih bersifat permanen dan sulit untuk diperbaiki.

Pemerintah sebagai pemangku kebijakan utama dalam pembangunan memiliki tanggung jawab yang besar terkait dengan penanggulangan inflasi harga pangan di wilayah Indonesia, terkhusus di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemerintah dalam menanggulangi inflasi dalam harga pangan dapat dilakukan dalam peningkatan produksi lokal. Langkah peningkatan produksi tersebut dapat dilakukan dalam bentuk ekstensifikasi maupun intensifikasi. Dalam bentuk ekstensifikasi, pemerintah dapat melakukan dengan penambahan faktor-faktor produksi dalam meningkatkan hasil produksi, seperti perluasan lahan dengan pertanian vertikal . Selain itu, pemerintah dapat memberikan kucuran modal uang lebih bagi petani-petani di desa supaya dapat membeli peralatan-peralatan sebagai modal dalam melaksanakan produksi pertanian.

Kamu juga dituntut menggenjot produksi pangan dan peternakan untuk memenuhi kebutuhan lokal maupun ekspor ke luar negeri secara organik. Meski banyak tuntutan, tetapi sebagai lulusan pertanian pasti bisa menjawab semua tuntutan tersebut. Persoalan beras di Indonesia terus menerus menjadi sebuah dilema dan persoalan tersendiri dalam pola hubungan antara pemerintah dengan petani. [newline]Mulai dari permasalahan pada petani yang memiliki biaya produksi tinggi yang tidak sesuai dengan harga beli yang dipatok oleh pemerintah melalui Bulog.

Jika kita melihat pada sejarah krisis wabah pandemi flu spanyol di Hindia Belanda pada 1918, penderitaan masyarakat Hindia Belanda akibat flu spanyol saat itu memunculkan bencana kelaparan yang membuat banyak petani dan masyarakat saat itu mengalami krisis pangan. Karena itulah, perlu ada langkah pengamanan taktis terhadap penyediaan beras dalam negeri supaya tak terlambat jika harus membuka keran impor. Adanya impor beras tentu akan menambah beban penyimpanan karena Perum Bulog memiliki kewajiban untuk menyerap setiap gabah dari petani.

Namun, kaum milenial lah yang memiliki potensi yang sangat besar terhadap perkembangan sebuah industri, pasalnya mereka lebih identik dengan dunia digitalisasi dimana kegiatan mereka berhubungan langsung dengan dunia teknologi dan informasi atau IT. Bahkan, kebanyakan kaum milenial lebih condong melakukan usaha dengan menggunakan teknologi seperti gawai atau gadget. Dalam melakukan usaha, mereka sering memasarkan produk mereka dengan memanfaatkan dunia maya dengan kata lain media sosial, tentunya setiap anak muda memiliki akun sosmed masing – masing dan bahkan mempunyai akun bisnis. Sekarang, bisnis anak muda yang sering di lakoni adalah penjualan on-line, reseller, bahkan menawarkan jasa pun dengan menggunakan digital, hal ini mereka lakukan karena lebih menyukai pekerjaan yang lebih bergengsi menurut mereka.

Belum ada investor yang menanamkan modalnya untuk membudidayakan ternak sapi dan kambing secara fashionable maka ternak sapi dan kambing merupakan komoditas yang memiliki peluang investasi menjanjikan. [newline]Potensi pertanian di Kabupaten Banjarnegara didukung oleh ketersediaan lahan yang subur dan cocok untuk pengembangan berbagai jenis komoditas pertanian. Komoditas pertanian yang menjadi unggulan meliputi padi, jagung, kedelai, kentang, salak, durian, manggis, ikan gurami, lele, patin, nila, sapi, kambing dan domba. Ketersediaan lahan yang ada saat ini juga relatif luas untuk pengembangan sektor pertanian. Dengan pengalaman kegagalan dimasa lalu disertai persepktif baru bahwa tak ada lagi masa depan untuk pertanian, mereka pun mendorong anak-anak meninggalkan desa, untuk sekolah tinggi. Ironisnya, ketika anak-anak ini tak ingin lagi kembali ke desa Oleh karena itu, perlu adanya peran penting dari pemerintah dan kementrian pertanian dalam melakukan revolusi baru terhadap sektor pertanian dengan menyandingkan atau memasuki dunia revolusi industri digital. Kota Pekalongan saat ini diperhitungkan dalam produksi udangnya sebagai bagian dari produksi udang nasional.

Boleh jadi, ke depan pemerintah daerah setempat bisa menggenjot kehadiran sekolah vokasi yang berkorelasi dengan potensi alam Kabupaten Belitung, agar mampu mengakselerasi perekonomian. Gayung bersambut, izin HKm terbit dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kisaran 2015 lalu. Dengan konsep pembangunan ekowisata, berupa tanaman bakau, kini usaha masyarakat itu berkembang ke pariwisata edukasi, beserta pembesaran kepiting dan rajungan.

Sektor yang didominasi oleh industri kecil dan menengah ini mampu menyumbang devisa negara yang cukup signifikan dari ekspor. Sayangnya harapan tersebut sangat bertentangan dengan realita yang terjadi di Indonesia. Ironisnya sebagian bahan pangan yang semestinya dapat diproduksi sendiri seperti beras, kentang, teh, dan jagung masih diimpor oleh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.